Guru tamu merupakan program pembelajaran dimana siswa akan diajar oleh instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah misalnya dari dunia kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang ada. Manfaat dari kegiatan ini yaitu memberikan penyegaran bagi para peserta didik memahami budaya kerja di industri yang realitis, karena dibimbing langsung oleh praktisi yang profesional dan peserta didik mendapatkan pendalaman materi yang Up to Date baik teorinya maupun praktiknya. Kegiatan guru tamu dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2023.
Guru tamu kompetensi keahlian Busana pada materi Pembuatan Busana Custome Made mendatangkan dari Britha Fashion Studio. Kedatangan guru tamu tersebut disambut baik oleh Kepala Sekolah Bpk. Sapto Budiyono, S.Pd dan Wakil Kepala Sekolah beserta jajaran Guru bidang keahlian Busana.
Fashion berkelanjutan (sustainable fashion) yang sekarang digalakan di bidang fashion sebagai bentuk kepedulian pelaku usaha busana terhadap kelestarian lingkungan dan makluk hidup,ini merupakan pemahaman baru bagi para siswa siswi sehingga sejak awal belajar tentang pembuatan busana bisa memanfaatkan bahan tanpa harus meninggalkan sampah yang berlebihan,perca atau sisa sisa pembuatan busana bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap busana,lenan rumah tangga dan juga hiasan dinding, busana-busana yang masih bagus dan tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk pembuatan busana yang lainya semisal gaun yangsudah tidak muat bisa dibongkar dan digunakan untuk membat busana anak atau pelengkap busana.
Materi yang diajarkan sejalan dengan kebutuhan industri tentang trend fashion outer ethnic. Dalam pembelajaran Custome Made dengan guru tamu ini, peserta didik sangat semangat dan antusias dalam mengerjakan projek outer ethnic.
Di akhir penyampaian materi beliau Bu Astrid selalu memberikan motifvsi kepada peserta didik tata busana,pemahaman tentang profesi yang bisa di pilih setelah lulus dari jurusan tata busana,kiat sukses di bidang tata busana, tetap semanggat dengan kondisi apa pun dan selalu ingin maju dan berkembang.