SMK Negeri 2 Gedangsari merupakan salah satu sekolah kejuruan yang menerapkan “Sistem Manajemen Mutu” ISO 9001:2015 sejak tahun 2018 hingga sekarang. Menapak kembali tujuan dipilih dan diterapkannya sistem tersebut adalah terciptanya kondisi dan kinerja sekolah yang kondusif untuk mencapai hasil yang maksimal. Tentu saja semua bermuara pada visi dan misi SMK Negeri 2 Gedangsari.
Untuk melaksanakan sistem manajemen mutu ISO, tim ISO SMK Negeri 2 Gedangsari sudah membuat serangkaian program selama 1 tahun pelajaran 2022/2023. Mulai dari koordinasi penyusunan sasaran mutu masing-masing unit, komunikasi internal, pelaksanaan audit internal, audit eksternal, sampai diakhiri rapat tinjauan manajemen yang dilaksanakan pada hari Kamis – Jumat, 6 – 7 Juli 2023 bertempat di ruang Desain Unit 2.
RTM ini diikuti oleh tim manajemen, auditor internal, Ka bidang/unit, semua guru, Ka TU, dan semua tenaga administrasi sekolah. RTM ini dipandu oleh QMR yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 15.15. Susunan acara RTM sebagai berikut
- Pembukaan
- Sambutan dan pengarahan kepala sekolah
- Agenda rapat tinjauan manajemen
- Tindak lanjut rtm sebelumnya
- Hasil audit internal
- Analisis swot untuk semua bidang (Visi Misi & Kebijakan Mutu)
- Kinerja penyedia eksternal
- Kinerja KBM, pencapaian nilai siswa, perbaikan mutu pembelajaran
- Kepuasan pelanggan
- Kinerja proses masing-masing bidang
- Pemantauan dan pengukuran hasil (raport Pendidikan tahun 2023)
- Rekomendasi/saran perbaikan
- Komitmen untuk tahun pelajaran 2023/2024
- Doa
- Penutup
RTM ini merupakan bentuk komunikasi internal semua komponen sekolah. Kepala sekolah memimpin langsung pembahasan terkait visi misi sekolah, kebijakan mutu, dan raport Pendidikan SMK Negeri 2 Gedangsari tahun 2023. Pada RTM inilah semua proses dan hasil kinerja ditampilkan. Selain itu semua permasalahan yang muncul yang berpotensi memengaruhi produk dibahas dan dicari solusinya. Semua usul saran disampaikan pada bagian saran perbaikan.
Saat RTM juga ditampilkan “kepuasan pelanggan” oleh Tim QMR SMK Negeri 2 Gedangsari. Siswa, orang tua siswa, DU DI, merupakan pelanggan yang sangat diperhatikan masukannya. Data-data yang dijaring melalui angket diolah, dianalisis, dan ditampilkan sebagai potret kinerja. Kepuasan DU DI masih perlu ditingkatkan lagi karena belum mencapai target minimal 70%. Kepuasan DU DI tahun 2022 baru mencapai 68%. Oleh karena itu, kepuasan DU DI masih menjadi salah satu sasaran mutu/target di tahun 2023 ini. Lead auditor menyampaikan hasil audit internal yang sudah dilaksanakan, QMR juga menyampaikan status tindakan koreksi dan pencegahan, tindak lanjut RTM sebelumnya, perubahan yang memengaruhi sistem manajemen mutu, dan kinerja proses dan kesesuaian produk.
Kegiatan RTM ini adalah upaya untuk mengembangkan SMKN 2 Gedangsari ke arah yang lebih maju lagi dan seluruh warga sekolah dan stakeholder dapat saling membangun sinergi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila secara profesional. RTM ditutup dengan penyampaian komitmen kepala sekolah, guru, dan karyawan SMK Negeri 2 Gedangsari sebagai berikut :
Komitmen Tahun Pelajaran 2023/2024
- Menerapkan ISO 9001:2015 dengan sungguh-sungguh
- Memprioritaskan perbaikan mutu pembelajaran
- Mengembangkan kerja sama industri dalam rangka peningkatan kompetensi keahlian
- Meningkatkan prestasi siswa bidang akademik dan non akademik
- Meningkatkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa
- Meningkatkan pelayanan konseling dan penanganan pelanggaran siswa
- Menyelenggarakan kegiatan uji sertifikasi profesi
- Mempertahankan predikat A pada akreditasi perpustakaan
- Meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan
- Meningkatkan partisipasi komite SMKN 2 Gedangsari